4 Posisi Gelandang Dalam Sepakbola

Sebelumnya saya sudah membahas tentang 4 Posisi Pemain Bertahan atau Bek. Pada Artikel ini saya akan membahas tentang Posisi Gelandang atau Midfielder dalam permainan sepakbola Dalam permainan sepakbola posisi gelandang sangatlah vital terutama bagi sektor penyerangan dimana gelandang berperan sebagai penyuplai bola bagi penyerang-penyerang haus gol. 

Di jaman Sepakbola Modern posisi gelandang adalah posisi yang paling diperhatikan oleh para pelatih demi memenangkan tim asuhannya sehingga kebiasaan menumpuk pemain gelandang sangat populer saat ini. Menjadi seorang gelandang tidaklah mudah karena seorang gelandang harus memiliki skill yang komplit serta kecerdasan dalam melihat situasi demi mendukung permainan tim dalam suatu pertandingan. Begitu banyak gelandang-gelandang yang terkenal memiliki skill komplit seperti Andrea Pirlo, David Beckham, peraih gelar pemain terbaik Eropa 2012 Andres Iniesta dan masih banyak lagi. Berikut ini merupakan 4 macam posisi gelandang dalam formasi sepakbola:  

1. Gelandang Bertahan / Defensive Midfielder (DMF) 
posisi gelandang (warna biru)
Gelandang ini berada tepat di depan garis pertahanan(para Bek) yang bertugas membantu pertahanan dengan menahan laju bola dari sektor tengah lapangan maupun menjaga pemain lawan agar tidak leluasa dalam mengolah bola. Namun apabila diperlukan gelandang ini juga akan membantu penyerangan sampai mendekati kotak pinalti lawan. Contoh pemain yang bermain di posisi ini adalah rekrutan terbaru AC Milan dari Manchester City yaitu Nigel de Jong, Sergio Busquet dari Barcelona, Xabi Alonso di Madrid dan pemain berpengalaman Andrea Pirlo dari Juventus. 

 2. Gelandang Tengah / Center Midfielder (CMF) 
Pemain ini berada lebih kedepan dari Gelandang Bertahan bertugas untuk menguasai sektor tengah lapangan dan berduel dengan gelandang lawan dalam memperebutkan bola. Seorang Gelandang Tengah diharuskan memiliki skill dribling dan passing yang mumpuni. Sebuah tim agar bisa memenangkan penguasaan bola harus memiliki gelandang yang tangguh di posisi ini. Contoh pemain yang bisa bermain di posisi ini adalah Xavi Hernandes di Barcelona, Frank Lampard di Chelsea dan kompatriotnya Gerrard di Liverpool. 

 3. Gelandang Sayap / Side Midfielder (SMF) 
Seorang gelandang sayap wajib memiliki kecepatan dan akurasi dalam umpan-umpan silang karena pemain yang berposisi melebar ini ditugaskan untuk membawa bola disisi lapangan dengan cepat menusuk kedepan yang kemudian mengirimkan umpan silang kejantung pertahanan lawan, namun tidak jarang pula gelandang ini dapat menusuk ke area pinalti lawan yang kemudian mencetak gol. Gelandang ini sangat efektif digunakan pada formasi 4-4-2 dan formasi yang mengandalkan serangan balik. Contoh pemain yang bisa bermain di posisi ini adalah Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Theo Walcott dan dari dalam negeri kita mengenal Arif Suyono dan Okto.  

4. Gelandang Serang / Attacking Midfielder (AMF) 
Nah ini lah gelandang yang diharuskan memiliki skill yang sangat komplit selain harus memiliki kecepatan, kemampuan dribling yang mumpuni serta passing yang akurat terkadang gelandang ini diharuskan untuk bisa mencetak gol ketika kebuntuan dari penyerang terjadi. Namun dalam aplikasinya gelandang ini bertugas untuk melayani penyerang dengan umpan-umpan yang akurat demi terciptanya gol. Banyak pemain di posisi ini di tugaskan untuk menjadi playmaker oleh pelatihnya. Contoh pemain terkenal untuk posisi ini adalah peraih pemain terbaik Eropa Andres Iniesta, gelandang yang sedang naik daun seperti Santi Cazorla di Arsenal dan Juan Mata di Chelsea. 

Dalam permainan sepakbola seorang gelandang ditugaskan untuk menjadi Playmaker yaitu sebagai pengatur permainan. Biasanya gelandang seranglah yang biasanya ditunjuk sebagai Playmaker namun sejak Andrea Pirlo yang merupakan Playmaker di klub terdahulunya, AC Milan, ditempatkan sebagai Gelandang Bertahan yang disebut deep-lying playmaker menjadikan jenis playmaker bervariasi tidak harus seorang gelandang serang.

Silakan baca artikel lainnya di label Sepak Bola
Ranking: 5

{ 0 komentar... baca komentar pada link di bawah ini }

 
© The Wahyu's All Rights Reserved | Powered by Blogger | Site Meter | DirWebIndo | blog-indonesia.com | Link Market